Sabtu, September 26Ponpes Sabilurrosyad Gasek Malang
Shadow

Ustaz Ahmad Syafa’at: Sosok Teladan Berjiwa Qurani Sejati Bag (II)

Ilustrasi gambar: Ria ‘Ainun Nafi’ah

Ponpesgasek.com – Cerita tentang perjalanan hidup beliau masih berlanjut. Kegigihan beliau dalam menekuni bidang ilmu kian diuji. Setelsah pendidikan di LIPIA usai, perjalanan hidup beliau digariskan untuk kembali ke bumi Malang.

Untuk membaca bagian pertama silakan klik link berikut: Ustaz Ahmad Syafa’at: Sosok Teladan Berjiwa Qurani Sejati (I)

Kembali Turun Gunung ke Malang

Perjalanan Ustaz Syafaat muda berlanjut setelah beliau wisuda pada Juni 1999, dikarenakan tidak ada keinginan untuk pulang ke kampung halaman di Banyuwangi. Beliau pun mencoba untuk mendaftar S2 Fakultas Filsafat Universitas Indonesia, namun ternyata pendaftaran tersebut telah ditutup sebelum beliau sempat mendaftar. Akhirnya beliau kembali mendaftar ke kampus lain di Jakarta, yaitu Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta).

Motivasi utama beliau melanjutkan pendidikan di Jakarta adalah agar mendapatkan beasiswa. Akan tetapi, sebelum formulir pendaftaran dikembalikan, beliau mendapat kabar bahwa STAIN Malang (UIN Malang) telah membuka program pascasarjana dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang terpilih. Setelah mendengar kabar tersebut, akhirnya beliau memutuskan untuk kembali ke Malang untuk kuliah dan mencari pekerjaan di sana.

Saat di Malang, beliau tinggal di rumah Pak Tohari yang letaknya di sebelah utara Pondok Pesantren Sabilurrosyad. Beliau memutuskan untuk kembali nyantri kepada Abah Marzuqi. Dari  Abah Marzuqi, Ustaz Syafaat mendapat saran untuk mendaftar sebagai dosen luar biasa pada Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab (PKPBA) di kampus STAIN Malang. Abah Marzuqi jugalah yang meyakinkan beberapa dosen di STAIN Malang bahwa beliau layak menjadi dosen PKPBA.

Setelah mendaftar, beliau diundang untuk mengikuti seleksi, dimana dalam seleksi tersebut diikuti oleh 30 peserta lain yang di antaranya ada lulusan S1 Al-Azhar Mesir dan S2 Pakistan. Dari 30 peserta itulah akan diambil 15 orang untuk menjadi dosen PKPBA.

Satu minggu berselang, dengan hasil seleksi yang belum jelas, terdengar kabar duka bahwa ibu yang sangat berjasa menanamkan kedisiplinan dan pemahaman agama beliau telah meninggal dunia. Setelah mendengar kabar ini, beliau memutuskan untuk pulang ke Banyuwangi untuk memberikan hormat takzim kepada ibu tercinta. Empat hari kemudian, tersiar kabar membahagiakan datang dari Malang, bahwa beliau lolos dan mendapatkan nilai seleksi tertinggi. Pencapaian tersebut beliau yakini adalah buah dari ketulusan doa orang tua dan guru-guru beliau.

Dua Tahun dalam Dualisme Belajar dan Mengajar 

Agustus 1999, beliau memulai aktivitas sebagai dosen bahasa arab dan mahasiswa pascasarjana bersama 10 teman lain. Rutinitas padat beliau jalani. Dimulai dengan aktivitas di Pondok Gasek, dilanjutkan mengajar hingga pukul 20.00 WIB.

Saat itu, honor menjadi dosen yang beliau dapat sebesar Rp 5.000,00/jam. Walaupun dengan penghasilan yang jauh dari kata besar, Ust. Syafaat muda tetap sabar dan tidak pernah mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan. Beasiswa yang tak kunjung cair, mengharuskan beliau untuk membayar biaya kuliah semester satu dengan uang simpanan LIPIA.

Kehidupan perkuliahan sangat beliau nikmati. Namun, selama masa perkuliahan berjalan banyak dosen yang dinonaktifkan. Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa yang melakukan demo yang disebabkan kinerja serta layanan lembaga yang kurang profesional.

Adalah Prof. Dr. Abdul Wahab (Alm), dosen yang selalu ada dalam ingatan beliau. Prof. Dr. Abdul Wahab (Alm), dosen pakar Semantik Inggris yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mencari padanan semantik dan kajian lainnya dalam ilmu Bahasa Arab. Sikap santun dan setia melayani mahasiswanya yang mayoritas lemah dalam Bahasa Inggris menjadikan profesor Wahab sebagai sosok pengajar ideal bagi mahasiswanya.

Salah satu pengalaman yang selalu beliau ingat adalah kejutan kuliah dari Prof. Dr. Abdul Wahab (Alm), yang mana perkuliahan pernah diadakan di restoran dan semua biaya ditanggung Prof. Dr. Abdul Wahab (Alm).

Bertemu dengan Pendamping Hidup, Antara Magis dan Fakta

“Pengalaman bercinta adalah pengalaman terindah dalam hidup”, merupakan salah satu petuah bijak yang dikutip untuk menggambarkan perjalanan cinta beliau. Sejak duduk di bangku ibtidaiyah sampai kuliah, seringkali beliau merasakan getaran-getaran perasaan kepada wanita, kadang getaran itu bersambut, namun tak jarang getaran itu terpendam begitu saja bahkan tertolak. Namun itulah romantika kehidupan yang tidak terlupakan oleh Ust. Syafaat muda.

Petualangan itu akhirnya berakhir ketika beliau memutuskan untuk benar-benar melabuhkan hati pada seseorang wanita. Bermula saat beliau kembali dari Jakarta ke STAIN Malang, Ust. Syafaat seringkali berpapasan dengan salah satu adik kelas yang bernama Sri Hidayati, mahasiswi cerdas dan manis asal Trenggalek. Setiap kali bertemu dengannya, Sri Hidayati selalu menyempatkan untuk bertanya hal-hal terkait masalah perkuliahan.

Usia 25 tahun, sudah saatnya mencari pendamping hidup”. Ialah Sri Hidayati, gadis  yang ingin beliau jadikan pendamping, tetapi beliau tidak tahu bagaimana memulai berbicara untuk mengungkap semua perasaan tersebut.

Suatu ketika, Abah Marzuqi memberi tahu bahwa Sri Hidayati memohon agar di-istikhoroh-kan perihal jodoh. Beliau juga melakukan istikhoroh, berharap bahwa beliau dan Sri Hidayati cocok walaupun belum pernah ada pembicaraan apa pun.

Setelah istikhoroh, beliau bermimpi melihat kolam yang dipenuhi debu. Lalu beliau mencoba menyentuh kolam itu. Ternyata kolam tersebut sangat jernih dan memiliki banyak ikan yang indah. Usai terbangun, beliau mencoba menafsirkan mimpi tersebut. Sepengetahuan beliau, air mengalir itu simbol rezeki, ikan warna-warni itu simbol kesuburan seorang wanita, dan debu yang menyelimuti kolam adalah simbol ujian yang tidak terlalu berat. Setelah itu, beliau berkesimpulan bahwa gadis tersebut cocok baginya.

Tanpa berpikir panjang, beliau memberanikan diri untuk menceritakan mimpi tersebut dan ta’wilnya kepada Abah Marzuqi di sela-sela mengikuti pengajian di Masjid Poltek Joyo Grand. Ternyata Abah Marzuqi mendukung dan menyampaikan kepada gadis itu, sekaligus memediatori hubungan tersebut. Tiga bulan berikutnya, keluarga beliau melamar secara resmi, dan akhirnya beliau menjadikannya sebagai istri.

Belakangan istri beliau bercerita, bahwa sebelum memutuskan untuk bercerita kepada Abah Marzuqi, pada malam Jumat sang istri sering mengamalkan bacaan surat Yaasiin sebanyak 40 kali, terutama ketika banyak didera masalah. Beberapa kali setelah membaca amalan tersebut, sang istri bermimpi dipanggil Abah Marzuqi agar mau berkunjung ke pesantrennya di Gasek. Mungkin begitulah cara Allah mempertemukan beliau dengan sang istri. Alhasil, tepat tanggal 20 Juli 2000 pukul 11.00 WIB di Dusun Kedung Maron Desa Mlinjon, Kec. Karangan Trenggalek, sang istri tercinta bersanding dengan Ustadz Syafaat di pelaminan dengan mas kawin seperangkat alat salat dan uang seratus ribu rupiah.

Beberapa peristiwa unik terjadi pada hari pernikahan itu. Jauh sebelum hari pernikahan, beliau sudah mempersiapkan pengisi acara, yang mana Abah Marzuqi sebagai penceramah, Ust. Ali Mahsun sebagai qori’, dan Abah Murtadlo sebagai wakil mempelai putra.

Sehari sebelum acara, beliau masih di Malang untuk menunggu rombongan keluarga yang direncanakan sampai sebelum maghrib. Satu persatu masalah pun datang, Abah Marzuqi ternyata tidak bisa hadir karena harus mengikuti Diklat Prajabatan di Jl.Kawi Malang, Ustaz Ali Mahsun juga berhalangan hadir karena ada acara di Blora, Jateng, begitu pula Kiai Murtadlo hanya bisa ikut jika ada mobil rombongan yang ke Trenggalek. Masalah yang lebih besar lagi, mobil rombongan keluarga Banyuwangi mogok di daerah Singosari sampai pagi hari, padahal pengantin putra harus sudah sampai ke lokasi pukul 08.00 WIB untuk dirias.

Pukul 06.00 WIB, mobil rombongan masih mogok, beliau akhirnya terpaksa naik bus umum ke Trenggalek dengan memakai jaket KKN 97 yang sudah kusam. Pukul 11.00 WIB, beliau sampai di tempat acara naik ojek. Para undangan terkejut ketika melihat sang pengantin datang terlambat dengan mengenakan jaket kusam dan mengendarai ojek tanpa didampingi keluarga. Meski demikian, alhamdulillah acara berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Tidak berhenti sampai di situ, masalah berlanjut karena mayoritas undangan dari Malang dan Pasuruan batal datang karena kelangkaan BBM dan antrian panjang. Tetapi beberapa dari mereka kemudian bisa datang meski pada pukul 20.00 WIB. Mungkin itulah makna dari mimpi beliau, kolam yang berselimutkan debu.

Meniti Tangga Suka dan Duka Dalam Rumah Tangga Pemula

Setelah pesta pernikahan, indah dan manisnya perkawinan beliau rasakan bersama sang istri. Seperti tradisi pengantin baru pada umumnya, selama dua minggu beliau tinggal di rumah mertua, karena bertepatan saat hari libur.

Pada tanggal 4 Agustus kemudian, kembali menyusul diadakan acara walimah di Banyuwangi, rombongan keluarga besar dari Trenggalek yang berjumlah sekitar 55 orang berangkat ke Banyuwangi. Keluarga di Banyuwangi sempat kalang kabut karena jumlah pengiring sebanyak itu tidak lazim di Banyuwangi. Setelah acara usai, beliau dan sang istri bersilaturahmi kepada sanak keluarga.

Satu minggu setelahnya, dimulailah kehidupan berumah tangga yang sesungguhnya. Di mana beliau dan sang istri harus tinggal di rumah kos dengan satu kamar yang berada di sebelah utara Pesantren Sabilurrosyad Gasek. Walaupun beliau tidak mempersiapkan apa pun untuk kedatangan sang istri, beruntung sang istri sudah menyiapkan kebutuhan rumah tangga dari hasil membantu mengetikkan skripsi temannya.

Meskipun sudah menjadi pengajar di STAIN Malang, beliau masih tidak memiliki simpanan sepeser pun karena penghasilan dosen honorer hanya Rp150.000.00/bulan, yang hanya cukup untuk membayar kos dan kebutuhan kuliah lain. Tetapi dengan selalu bersabar dengan kondisi perekonomian yang serba pas-pasan, beliau dan sang istri tidak pernah kesulitan makan ataupun berhutang kepada tetangga. Mungkin inilah rahasia firman Allah (Q.S. An-Nur:32):

إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ

“Apabila orang yang menikah itu miskin, Allahlah yang akan membuat dia kaya”

Ust. Syafaat berhasil membuktikan kepada dunia bahwa segala ujian dari Allah pasti dapat dilewati dengan senantiasa sabar, qonaah serta selalu percaya pada kekuatan doa guru dan orang tua.

Semoga kita semua bisa mencontoh sikap mulia beliau, serta tidak lupa selalu mendoakan beliau agar selalu dalam pelukan dan kucuran nikmat Allah. Aamiin yaa robbal ‘aalamin.

Sumber: 

  • Keterangan pihak keluarga (istri)
  • Diolah kembali berdasar blog pribadi milik Ust. Syafaat

Ditulis oleh Tim Redaksi Ponpesgasek.com

  • Penulis: Fitrotul Izah, Rindia Meirisa Aris Taufani
  • Editor: Zahro’ul Aini, M.Chasby Ashidiq, Teguh Hidayanto

Curriculum Vitae Dr. Syafaat, S.Ag, M.Ag

Identitas: 

  1. Nama                         : Dr. Syafaat, S.Ag, M.Ag
  2. Tempat/Tgl. Lahir : Banyuwangi, 15 Maret 1975
  3. Jenis Kelamin            : Laki-laki
  4. NIP                            : 19750315200312 1 002
  5. Pangkat/Golongan : Penata tk. I / III-d
  6. Jabatan Fungsional   : Lektor
  7. Prodi/Jurusan/Fakultas : Pend. Bahasa Arab / Sastra Arab / Sastra
  8. Perguruan Tinggi  : Universitas Negeri Malang
  9. Pendidikan terakhir  : Doktor Pendidikan Bahasa Arab Program Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (S3), lulus tahun 2013
  10. Alamat Kantor        : Jl. Surabaya, 6 Malang. Telp. 551312
  11. Alamat Rumah : Jl. Raya Candi VI C No 13 Gang Pesantren Sabilur Rasyad Gasek Karangbesuki Sukun Malang, Telp (0341-559671) /HP. 082143020304
  12. Email/Website   :  syafaat.um@gmail.com / cahayaqurani.wordpress.com
  13. Nama Istri         : Sri Hidayati, S.Ag
  14. Nama Anak       :
    1. Nafila Lana Amalia (2001)
    2. Moh. Kafa Nasrullah (2004)
    3. Miza A’la Abqary (2013)

Riwayat Pendidikan Formal

  1. Madrasah Ibtidaiyyah Darul Huda Penataban Banyuwangi, 1981—1987
  2. Madrasah Tsanawiyah Negeri Banyuwangi, 1987—1990
  3. Madrasah Aliyah Negeri Jember I, 1990—1993
  4. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Malang Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (S1) d/h UIN Malang, 1994—1998
  5. Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam Arab (LIPIA), Jurusan Diploma 1 Persiapan Guru Bahasa Arab (D1), 1998—1999
  6. Program Pascasarjana Konsentrasi Pembelajaran Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malang (S2), d/h UIN Malang, 1999—2001
  7. Program S3 di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (2009—2013)

Riwayat Pendidikan Non Formal

  1. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliwates Jember, 1990—1993
  2. Pondok Pesantren Darul Quran Singosari Malang, 1993—1995
  3. Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Karang Besuki Malang, 1997—2000

Pengalaman Mengajar

  1. Dosen bahasa Arab pada PKPBA UIN Malang, 1999—2014
  2. Dosen bahasa Arab pada Fakultas Agama Islam UNISMA Malang, 2000—2001
  3. Dosen bahasa Arab dan Tafsir di Prodi PBA Universitas Yudharta Pasuruan, 1999—2005
  4. Dosen bahasa Arab dan Ushul Fiqh di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah (STIT) Raden Rahmat Kepanjen Cabang Batu Malang, 2001—2002
  5. Instruktur Program terjemah al-Qur’an Sistem 40 Jam “Al-Istiqlal” Cabang Malang, 2000—2001
  6. Dosen bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Malang, 2004—2014
  7. Trainer CST (Corporate Spiritual Training) “ Insan Dinami” Malang, 2007—2014
  8. Dosen MK Qira-atul Qur’an di Prodi. PGMI UNISMA, 2004—2014

Pengalaman Penelitian

  1. Tahlil al-Akhtha’ al- Nahwiyyah wa al-Imlaiyyah Li al-Buhuts al-Jami ‘yyah, 2001 (Dana Mandiri)
  2. Analisis Stilistika Sintaksis al-Qur’an Surat al-Baqarah dan Makna yang Ditimbulkan, 2005, didanai DIK Lemlit UM (Ketua)
  3. Pemberdayaaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Organisasi Keagamaan di Kec. Lowokwaru, 2006, didanai DIK Lemlit (Anggota).
  4. Hermeneutika Untuk Kaum Pluralis; Analisis atas Ide-Ide Ukhuwah dalam Al Quran,  2006, didanai program Due-like Dikna (Anggota)
  5. Assesmen Kepuasan Mahasiswa Terhadap Dosen PAI Universitas Negeri Malang, 2006, didanai DIPA Lemlit UM (Anggota)
  6. Penyusunan Materi Tajdid Nahwi untuk Jurusan Sastra Arab UM, 2006, didanai program Due-like Diknas (Anggota)
  7. Pemetaan dan Perencanaan Skripsi 5 Tahunan Jurusan Sastra Arab UM, 2007, didanai oleh DIPA Lemlit dan Fakultas Sastra UM (Anggota)
  8. Analisis Stilistika Sintaksis Al Quran juz 1 – 15 dan Makna yang Ditimbulkan, 2007, Penelitian Dosen Muda, didanai oleh  DP2M Dikti (Ketua)
  9. Telaah Terhadap Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili Tentang Konsep Poligami Dalam Konteks Keadilan Gender, 2007, didanai oleh DIPA Lemlit UM (Ketua)
  10. Variasi Fonologis Dialek Mesir dan Arab Saudi, 2008, didanai oleh DIPA Lemlit UM (Ketua)
  11. Pandangan Para Mufassir Terhadap Konsep Poligami dalam Konteks Keadilan Gender, 2008, Penelitian Kajian Wanita, didanai oleh DP2M Dikti (Ketua)
  12. Pemetaan Penelitian Keagamaan yang di Universitas Negeri Malang, 2008, didanai oleh DIPA Fakultas Sastra UM
  13. Peningkatan Kualitas Bahan Ajar Pondok Pesantren di Jawa Timur Melalui Pengembangan E-learning Berbasis Kitab Kuning, 2009, Penelitian Strategis Nasional DP2M (ketua)
  14. Pengembangan Virtual Library Untuk Kitab Kuning Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pondok Pesantren di  Jawa Timur (tahap I), 2009, Penelitian Hibah Bersaing DP2M (Anggota).
  15. Pengembangan Virtual Library Untuk Kitab Kuning Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pondok Pesantren di  Jawa Timur (tahap II), 2010, Penelitian Hibah Bersaing DP2M (Anggota).
  16. Pengembangan Virtual Library Untuk Kitab Kuning Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pondok Pesantren di  Jawa Timur (tahap III), 2011, Penelitian Hibah Bersaing DP2M (Anggota).
  17. Peningkatan Kualitas Buku Ajar Pondok Pesantren Melalui Pengembangan Kitab Kuning berbasis Multi Source Content (MSC) (tahap I), 2011, Penelitian Hibah Bersaing DP2M (ketua).

Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Pelatihan Teknik Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Asatidz Pondok Pesantren se-Kota Malang, tanggal 9 Januari  2004 di SAC JSA FS UM, didanai oleh Fakultas Sastra UM (Anggota).
  2. Pelatihan Peningkatan Kemampuan Baca Al Quran untuk Musyrif dan Musyrifah Ma’had Sunan Ampel al-Ali UIN Malang,   tanggal 17 Maret 2007 (pemateri).
  3. Lokakarya Pengembangan Model Pembelajaran Qawaid Berbasis at-Turats bagi Guru-Guru Ponpes se-kota Malang, tanggal 26 Oktober 2007 di SAC Jurusan Sastra Arab UM (Pemateri).
  4. Pelatihan Manajemen Tahfidz Al Quran untuk Mahasiswa, tanggal 17 Nopember 2007 di Ruang Halaqah Ma’had Sunan Ampel  UIN Malang (Pemateri).
  5. Pemanfaatan Software Al-Maktabah Asy-Syamilah Versi 2008 untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab dan Keislaman, pada tanggal 21 Juni 2008 di Ruang Sidang Fakultas Sastra E-7 203 Universitas Negeri Malang (Pemateri).
  6. Pelatihan Maktabah Syamilah untuk Pondok Pesantren se-Kecamatan Singosari di Aula SMA al-Maarif, pada tanggal 3 Agustus  2008 (Pemateri).
  7. Pengenalan Maktabah Syamilah untuk Pondok Pesantren se-Kab. Malang di Aula Perpus. UM tanggal 5 September 2008 (Pemateri).
  8. Pelatihan Virtual Library untuk Pengurus Pesantren Seluruh Indonesia di PP Al-Hikam Malang, 2008 (Pemateri).
  9. Pelatihan Microsoft Word dan Powerpoint Berbasis Arab untuk Pengasuh Pondok Pesantren se-Kab. Malang di Lab. Komputer Fakultas Sastra tanggal 29-30 Nopember 2008 (Pemateri).
  10. Pelatihan Pemanfaatan Virtual Library Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kitab Kuning Bagi Guru-Guru Pondok Pesantren se-Kota Malang, 2009 (Ketua).
  11. Pelatihan Pemanfaatan Virtual Library Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kitab Kuning Bagi Guru-Guru Pondok Pesantren se-Kabupaten Malang di Pesantren Roudlatul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang, 2009 (Ketua).
  12. Pelatihan CST (Corporate Spiritual Training) bagi karyawan PT Semen Gresik di Bapelkes Murnajati Lawang Angkatan 30  tanggal 20 September 2009.
  13. Pelatihan CST (Corporate Spiritual Training) bagi karyawan PT Semen Gresik di Guest House Universitas Brawijaya Malang  tanggal 1-4 September 2010.
  14. Pelatihan Teknologi Pembelajaran PAI berbasis ICT dan Sosialisasi Maktabah Syamilah di sembilan provinsi (Tuban Jatim, Tangerang Jabar, Jakarta, Samarinda Kaltim, Medan Sumbar, Bierun Aceh, Dompu NTB,  Duri Riau) November s.d Desember 2010.
  15. Pemateri pada acara Ta’arruf Qurani IX di UIN Malang 15 November 2011, dengan tema: Motivasi, Manajemen dan Hambatan dalam Mengahafal al-Quran.

Keikutsertaan dalam Seminar Lokal,  Nasional dan Internasional

  1. Pembicara dalam Diklat penggunaan literatur sekunder dan tersier secara elektronis dan manajemen pengembangan perpustakaan pesantren se-indonesia untuk mendukung kegiatan pembelajaran di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang 9 Maret 2007, dengan tema: Praktik Penggunaan Perpustakaan Maya (Virtual Library) untuk Mencari Rujukan Sumber Hukum Islam
  2. Pembicara dalam Diklat Kepemimpinan IV Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffadz Universitas Islam Negeri Malang Tgl 17 September 2006, dengan tema: Aplikasi Manajemen Al Quran dalam Upaya Merealisasikan Kehidupan Qurani
  3. Peserta pada Pelatihan Leksikologi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada Jogjakarta pada tanggal 15—17 September 2007
  4. Peserta pada Seminar PAI di Hotel Jogjakarta tanggal 12 Oktober 2007
  5. Peserta pada Seminar Gender di Hotel  Surabaya tanggal 12 Oktober 2007
  6. Pembicara dalam Seminar Internasional: Bahasa Arab dan Sastra Islam, Kurikulum dan Perkembangannya, dalam rangka PINBA (Pekan Ilmiah Nasional Bahasa Arab) dan IMLA (Ittihadul Mudarrisin Lillughah al-Arabiyyah) tanggal 23—25 Agustus 2007
  7. Peserta dalam Seminar internasional tentan toleransi Islam dengan pembicara Dr. Munshif dari London di Aula A3 Universitas Negeri Malang
  8. Pembicara dalam Seminar internasional ”Al-Lughah Al-Arabiyyah wal aulamah wajhan liwajhin” di Batu Malang tanggal 23-24 Nopember 2008
  9. Peserta Seminar Nasional Pemberdayaan Dosen PAI, September 2009 di Puncak Bogor.
  10. Pemateri dalam pelatihan penerapan ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajaran Agama Islam (PAI) bagi dosen PAI di Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS Samarinda) tanggal 5 Desember 2010.
  11. Pemateri dalam pelatihan penerapan ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajaran Agama Islam (PAI) bagi dosen PAI di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makdum Ibrahim (STITMA) Tuban tanggal 21 November 2010.
  12. Pemateri dalam pelatihan penerapan ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajaran Agama Islam (PAI) bagi dosen PAI di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Hubbul Wathan Duri Riau tanggal 26 Desember 2010.
  13. Pemateri dalam pelatihan penerapan ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajaran Agama Islam (PAI) bagi dosen PAI di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu Nusa Tenggara Barat tanggal 2 Januari 2010.
  14. Pemateri pada Seminar Internasional bahasa Arab dengan tema: Al-Wahmu wa Su’ul Fahmi fi al-Masyakil al-Lughawiyyah Lada an-Nathiqina bi Ghair al-Arab, di UIN Malang tanggal 16-18 Desember 2011.

Penulisan Artikel dalam Jurnal Ilmiah:

  1. Sastra Arab Islam; Budaya progresif, 2005, Jurnal Al-Araby, Vol. 2 No. 2 Desember 2004 hal 113 ISSN 1693-3257
  2. Analisis Kesalahan Sintaksis dan ejaan Skripsi Mahasiswa UIN Malan, 2005, Jurnal Al-Araby, Vol. 3 No. 2 Desember 2005 hal 128 ISSN 1693-3257
  3. Penerapan Virtual library dan E-learning dalam Pelaksanaan Bahtsul masail; Sebuah Upaya Penguatan Lembaga Keagamaan Yang Kreatif dan Inovatif, 2008, JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN (JPP) LP3 UM ISSN 0854 – 8315
  1. Konsep Islam Tentang Pengembangan Nilai-Nilai Pelestarian Lingkungan Hidup, 2007, Jurnal Pendidikan Nilai, Vol. 14 Nomor 1, Mei 2007, ISSN 0853-8158
  2. Pengembangan Maktabah Syamilah untuk Pembelajaran Bahasa Arab dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 2008, Al-Hujum UIN Malang, Vol. 4 No. 2 tahun 2008/ ISSN 1907-3518
  3. 7. Istikhdamul maktabah syamilah fi ta’limil lughah arabiyyah, 2008, Proceeding Seminar, Seminar internasional IMLA di Batu 23-24 Nop 2008
  4. Telaah Terhadap Tafsir Al-Munir  Karya Wahbah Az-Zuhaili tentang Konsep Poligami dalam Konteks Kesetaraan Gender, 2008, Jurnal Penelitian Kependidikan, Edisi 18 Nomor 1 Juni 2008 ISSN 0854-8323 hal 185-198
  5. Pandangan Para Mufassir terhadap Poligami dalam Konteks Kesetaraan Gender, 2008, Jurnal Penelitian Kependidikan, Edisi 18 Nomor 2 Desember 2008 ISSN 0854-8323 hal 185-198
  6. Struktur Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Dalam Perspektif Stilistika Sintaksis. Jurnal Bahasa dan Seni, edisi tahun 38, Nomor 2, Agustus 2010, hal 142-154,

Penulisan Buku Ajar

  1. Pendidikan Agama Islam untuk perguruan tinggi, 2005, Mentari Press. Bangil Pasuruan, Anggota Tim
  2. Reorientasi Pendidikan Islam, 2006, Al-Hilal Press. Pasuruan, Anggota Tim
  3. Pendidikan Agama Islam untuk SMP kelas VIII, 2007, UM Press, Anggota Tim
  4. Reaktualisasi Pendidikan Islam, 2010. Al-Hilal Press. Pasuruan, Anggota Tim

Penulisan Artikel Surat Kabar

  1. Komersialisasi Pendidikan Berkedok Amal Jariyah, 2005, Jawapos, Radar Malang
  2. Dahsyatnya Pusaran Energi Ramadhan, 2005, Jawapos, Radar Malang
  3. Gaji ke-13 Antara Senyuman dan Tangisan, 2006, Jawapos, Radar Malang
  4. Guru Juga Manusia, 2006, Jawapos, Radar Malang
  5. Filantropi Ramadhan, 2006, Jawapos, Radar Malang
  6. Reaktualisasi Makna Isra’ dan Mi’raj, 2006, Jawapos, Radar Malang
  7. Teka-teki Lailatul Qadr, 2007, Koran Rakyat
  8. Islam dan Rasa Aman, 2011. Jawapos, Radar Malang.

Pengalaman di Bidang Keterampilan

  1. Peserta magang kaligrafi selama tiga bulan di Sanggar Jamiyatul Khaththathien Jawa Timur di Sukun Malang, 2005
  2. Panitia penyelenggara Tryout Kaligrafi Tk. Jatim di UM, 2006
  3. Peserta Magang Kaligrafi berbasis Kaca Ukir di Gravier H. Achwan Kidul Pasar Malang, 2006

Pengalaman di Bidang Organisasi

  1. Pengurus HMJ PBA STAIN Malang periode 1995—1997
  2. Pembina Hai’ah Tahfidz al-Qur’an (HTQ) UIN Malang mulai 2002—2014
  3. Pembina teknis Badan Dakwah Masjid “Al-Hikmah” UM tahun 2005—2007
  4. Sekretaris LEPPA UM  tahun 2006—2014
  5. Pembina Al-Quran Studi Club (ASC) Universitas Negeri Malang 2010—2014
  6. Pembina dan dewan hakim MTQ Cabang Tafsir Kota Malang 2008—2014.

Prestasi yang pernah diraih

  1. Peserta Terbaik I Lomba Kaligrafi se IAIN Malang, 1994
  2. Peserta terbaik pertama seleksi penerimaan dosen LB bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Malang, 1999
  3. Peserta terbaik pertama seleksi penerimaan dosen PNS bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Negeri Malang, 2004
  4. Peserta terbaik pertama Musabaqah Tafsir Al-Quran Tingkat Kota Malang, 2003
  5. Peserta terbaik pertama Musabaqah Tafsir Al-Quran Tingkat Kota Malang, 2004
  6. Peserta terbaik keempat (harapan 1) Musabaqah Tafsir Al-Quran Tingkat Provinsi Jatim di Sumenep, 2005
  7. Peserta terbaik kedua Musabaqah Tafsir Al-Quran Tingkat Provinsi Jambi di Kab. Tanjung Jabung Timur, 2007
  8. Peserta Terbaik Pertama Seleksi Studi S3 Tujuan Timur Tengah (Maroko) yang diadakan oleh DEPAG RI, 2007
  9. Peraih nilai tertinggi  tes masuk S3 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2009
  10. Wisudawan terbaik S3 Prodi Pend. Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 26 Oktober 2013
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: