Kamis, Juli 16Ponpes Sabilurrosyad Gasek Malang

Peringati Hari Santri, Ponpes Gasek Gelar Upacara Hingga Bedah Buku

Ponpesgasek.comPeringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Ponpes Sabilurrosyad Gasek diawali dengan menyelenggarakan upacara bendera yang dilaksanakan pada Selasa (22/10/2019) di halaman pondok pesantren Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang.

Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini bertema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia” dengan harapan santri dapat memberikan banyak kontribusi terhadap kemajuan perdamaian dunia. Ponpes Sabilurrosyad peringati Hari Santri Nasional tahun ini dengan menggelar upacara hingga bedah buku.

Baca juga: Calon Pastor Ngaji Kebangsaan ke Ponpes Sabilurrosyad

Bukan Hanya Upacara, Akan Tetapi Terdapat Rangkaian Kegiatan Yang Menarik 

Dalam memperingati Hari Santri Nasional, Ponpes Sabilurrosyad mengadakan beberapa kegiatan seperti upacara bendera, jalan santai dan kirab santri, lomba fotografi, lomba videografi, bedah buku dan seminar kepenulisan. Lomba fotografi dan videografi tersebut diikuti kurang lebih sekitar 250 peserta, yang berasal dari santri pondok pesantren se-Malang Raya.

Menurut ketua pelaksana Hari Santri Nasional pondok pesantren Sabilurrosyad, dalam rangkaian kegiatan tersebut banyak hal-hal yang terjadi di luar dugaan, akan tetapi semangat teman-teman panitia maupun peserta dalam memperingati Hari Santri Nasional tak surut sampai upacara selesai. Ia juga berharap, perayaan Hari Santri Nasional bisa lebih meriah lagi di tahun depan dan pesertanya pun bisa lebih banyak daripada tahun ini.

Baca juga: NU Melaksanakan Syariat Islam Dalam Konteks NKRI

Selain perlombaan, panitia Hari Santri Nasional juga mengadakan jalan santai dan kirab santri yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober serta bedah buku dan pelatihan menulis buku yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2019. Bedah buku yang berjudul Peradaban Sarung bersama Abdulloh Hamid, beliau merupakan dosen UIN Sunan Ampel dan pengurus RMI PBNU. Sedangkan untuk pelatihan menulis buku bersama Ach Dhofir Zuhry yang bertempat di pondok pesantren Sabilurrosyad, beliau merupakan ketua Sekolah Tinggi Filsafat Al-Farabi Malang dan juga pengasuh pondok pesantren Luhur Baitul Hikmah.

 Sholawat Indonesia Sebagai Bentuk Kecintaan Warga NU Kepada NKRI 

Dalam upacara Hari Santri Nasional, mars Hari Santri Nasional dan sholawat Indonesia menggema di halaman pondok pesantren sabilurrosyad, Gasek. Mars Hari Santri Nasional dan sholawat Indonesia dibawakan oleh tim paduan suara yang merupakan perwakilan dari santri SMP Islam dan SMA Islam Sabilurrosyad. Sholawat Indonesia merupakan karya dari KH. Marzuqi Mustamar. Mars tersebut menunjukkan kecintaan warga NU kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), semua yang hadir turut menyanyikan mars sholawat Indonesia tersebut.

Baca juga: Sambutan Liwetan Akbar: Amaliah NU Teruji Secara Historis Berasal Dari Rasulullah

Penyerahan Buku Karya Para Santri Kepada KH. Marzuqi Mustamar 

Selain itu, salah satu agenda dalam upacara Hari Santri Nasional ini terdapat penyerahan buku karya santri pondok pesantren Sabilurrosyad sebagai kenang-kenangan yang diserahkan oleh lurah pondok putra kepada KH. Marzuqi Mustamar.

Ketua pelaksana Hari Santri Nasional tahun ini berharap bahwa santri harus lebih berperan aktif dalam memajukan pendidikan di pesantren dan ikut terjun langsung ke masyarakat. Sehingga santri mampu mengembangkan kemampuan dan pemikirannya dalam bidang akademik dan kemasyarakatan, ujar Assaduddin kepada tim Ponpesgasek.com.

Pesan penting KH. Marzuki Mustamar dalam upacara bendera Hari Santri Nasional 2019 =>   LIVE – PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL PONPESGASEK MALANG BERSAMA KH MARZUQI MUSTAMAR

Penulis : Ikbar Zakariya

Editor : Kumillaela

Facebook Comments

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: