Kamis, Juli 16Ponpes Sabilurrosyad Gasek Malang

Pemilihan Lurah Putra Dan Serah Terima Jabatan Ponpes Sabilurrsoyad Gasek, Malang

Ponpesgasek.com – Pondok pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang telah mengadakan pemilihan lurah (ketua pondok) di masjid Nur Ahmad, pada hari Kamis (14/11/2019). Kandidat calon lurah tersebut adalah Abdullah Amjad, Rizal Kurnia, Alif Saida A, M. Deky Arfinda dan Irfan Warsidi. Sedangkan panelis komisi pemilihan lurah yaitu Gus Kafa Ainul Azis dan Gus Habib Nur Ahmad.

Jumlah pemilih sebanyak 337 yang terdaftar dalam pemilih tetap, dari jumlah tersebut sekitar 200 di antaranya tidak menggunakan hak suaranya dalam pemilihan lurah tahun ini. Hal tersebut dikarenakan banyak santri putra yang masih ada kegiatan di luar dan juga tugas pengabdian. Sehingga mereka belum bisa menyalurkan suaranya. Daftar anggota pemilih adalah para santri putra dari tingkatan mahasiswa dan juga para ustad di Ponpes Sabilurrosyad.

Pemilihan lurah ini dilaksanakan pukul 20.00 WIB yang diawali dengan pemaparan visi dan misi setiap kandidat, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab serta pencoblosan dan perhitungan suara. Perhitungan suara dihadiri saksi dari setiap jama’ah kamar dan dewan pengurus pondok Sabilurrosyad.

Proses pengambilan suara dilaksanakan dengan cara setiap santri perkamar dipanggil secara bergantian untuk mencoblos salah satu dari lima kandidat calon lurah tersebut, kemudian pilihannya dimasukkan dalam kotak suara yang telah disediakan panitia.

Kang Munir selaku lurah yang lama berpesan untuk kepengurusan selanjutnya, agar merekrut anggota pengurus yang benar-benar siap dan juga berkomitmen. Hal tersebut dikarenakan pada saat kepengurusan berlangsung, pengurus bertanggung jawab atas apa yang telah diamanatkan dan tidak menghilang secara tiba-tiba. Kemudian untuk lurah yang terpilih periode ini agar selalu terbuka menerima aspirasi dan menjembatani para santri yang ingin mengembangkan setiap bakat yang dimiliki.

Proses pemilihan Lurah Putra Ponpes Sabilurrosyad berjalan lancar tanpa terjadi kendala yang berarti. Para santri putra Ponpes Sabilurrosyad dapat menentukan siapa lurah yang akan dipilih berdasarkan visi dan misi lima kandidat calon lurah.

Lantas, siapakah lurah yang terpilih?

Dari lima kandidat calon lurah, Ahmad Amjad, Rizal Kurnia, Alif Saida A, Mochamad Deky Arfinda dan Irfan Warsidi suara terbanyak diperoleh saudara M. Deky Arfinda dengan perolehan 41 suara, tidak sah 7 suara dan suara sah 130 dari 137 suara. Kemudian hasil dari pemilihan lurah tersebut akan disowankan ke ndalem.

Kegiatan pemilihan lurah baru tahun ini dapat memberikan edukasi mengenai pesta demokrasi santri Gasek. Sehingga, bila nanti mereka sudah memliki hak pilih untuk memberikan suara yang lebih tinggi tanpa menekankan suara golput.

Pelantikan lurah baru dan juga serah terima jabatan juga dilaksankan di masjid Nur Ahmad, pada kamis malam (9/01/2020). Pelantikan pengurus ini dihadiri oleh para dewan pembina dan para santri putra Sabilurrosyad. Untuk pertama kali, lurah baru memberikan sambutan “pengurus akan menyusun program kerja untuk kemajuan pondok, sehingga sangat penting adanya kerjasama antara santri dan pengurus untuk periode yang akan datang”. Ujar Deky Arfinda

Kegiatan pada malam hari ini telah memunculkan titik agenda yang begitu kompleks, diantaranya pelantikan lurah baru dan serah terima jabatan. Pengurus mendapatkan support dari dewan pembina dan para santri putra sabilurrasyad gasek, untuk mensukseskan kinerja kepengurusan yang baru.

Amanat dalam pelantikan tersebut disampaikan oleh KH. Murtadho Amin selaku ketua yayasan Sabilurrosyad. Beliau berpesan untuk lebih semangat dalam berkhidmah. Sebagai pengurus itu pasti ada yang diurus. Adapun wasilahnya adalah menjadi pendukung program kepengurusan, hal itu merupakan salah satu bagian dari berkhidmah kepada kiai dan pondok pesantren. Beliau juga berpesan kepada pengurus baru,  agar menjaga kekompakan dan saling mengingatkan antar tugas yang telah diamanatkan.

Pelantikan lurah dan serah terima jabatan diakhiri dengan penutupan dan doa yang dipimpin oleh KH. Murtadho amin selaku ketua yayasan dan pengasuh pondok pesantren Sabilurrosyad.

Penulis : Ikbar Zakariya

Editor : Kumillaela

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: