SOAN (Sosialisasi Kepesantrenan) 2019: “Membentuk Karakter Santri dengan Nilai-nilai Khidmah”

0
187
views
“Membentuk Karakter Santri dengan Nilai-nilai Khidmah” SOAN (Sosialisasi Kepesantrenan)
Ilustrasi gambar oleh : Vivian Tifani Dona

Ponpesgasek.com- Sosialisasi Kepesantrenan atau yang biasa disebut SOAN merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan khusus untuk santri baru Pondok Pesantren Sabilurrosyad.  Dengan tujuan mengenalkan dunia kepesantrenan kepada para santri baru, mulai dari lingkungan pesantren, metode pembelajaran, peraturan, hingga bagaimana seharusnya seorang santri bersikap di dalam pesantren. Pada tahun ini, SOAN 2019 mengusung tema “Membentuk Karakter Santri dengan Nilai-nilai Khidmah”.

SOAN 2019 dilaksanakan selama tiga hari, yaitu dimulai pada tanggal 28 Juni 2019 dan berakhir pada tanggal 30 Juni 2019 di Masjid Nur Ahmad, Gasek. Dalam pelaksanaanya, SOAN 2019 memiliki berbagai agenda, diantaranya; berbagai materi yang disampaikan oleh para ustadz, lomba kreasi santri, prosesi pembaiatan, dan lain sebagainya.

Para peserta SOAN sangat antusias dalam mengikuti SOAN 2019, hal ini dapat dilihat dari banyaknya santri yang mengikuti kegiatan ini. Jumlah peserta SOAN yang mengikuti SOAN 2019 sebanyak 157 santri, yang terdiri dari 73 santri putra dan 85 santri putri. Jumlah ini meningkat dari pelaksanaan SOAN 2018. Pada SOAN 2019 ini, peserta tidak hanya berasal dari mahasiswa strata satu saja, tetapi juga diikuti oleh mahasiswa strata dua.

Antusias Santriwati baru dalam mengikuti rangkaian acara SOAN
Antusias Santriwan baru dalam mengikuti rangkaian acara SOAN

Pada hari pertama, serangakaian acara yang dibuka oleh saudari Yuli Rukmana selaku pembawa acara, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh saudara Moh Yusron Agus Salim, lalu sambutan oleh saudara M. Afif Sholahuddin selaku Ketua Panitia SOAN 2019 dan sambutan Lurah Pondok Pesantren Sabilurrosyad oleh saudara Ach. Sirojul Munir Lalu dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Ustadz Mahbub Kholiduzen dan ditutup oleh pembawa acara.

Sambutan Lurah Pondok Pesantren Sabilurrosyad oleh saudara Ach. Sirojul Munir

Acara dilanjutkan secara berurutan dengan  pemberian Materi I tentang Kepesantrenan dan Kesantrian oleh Ustadz Mahbub Kholiduzen, Materi II tentang Penguatan Aswaja oleh Ustadz Moh Bisri Mustofa, pengenalan pengurus pesantren oleh Pengurus Pondok, dan pengumpulan tugas berupa Biografi tiga Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad dan tanda tangan seluruh Pengurus Pondok Pesantren Sabilurrosyad oleh Peserta SOAN kepada Sie Acara dan Tim Eksekutor.

Materi I tentang Kepesantrenan dan Kesantrian oleh Ustadz Mahbub Kholiduzen
Materi II tentang Penguatan Aswaja oleh Ustadz Moh Bisri Mustofa

Pada hari kedua, acara dimulai dengan pemberian Materi III tentang Aplikasi Nilai-nilai Khidmah Santri dalam Masyarakat oleh Ustadz Imam Ahmad dan dilanjutkan pemberian Materi IV tentang Toleransi Sosial oleh Ustadz Ali Mahsun. Pada hari kedua ini, dilaksanakan lomba kreasi santri berupa lomba puisi berantai, drama, dan kreasi sholawat yang disambut antusias oleh Peserta SOAN 2019.

Materi IV tentang Toleransi Sosial oleh Ustadz Ali Mahsun

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Tata Tertib Pondok Pesantren Sabilurrosyad oleh Pengurus Keamanan. Serangakaian acara pada hari kedua diakhiri dengan pengumpulan tugas berupa resume Materi I dan Materi II yang disampaikan pada hari pertama dan naskah artikel yang sesuai dengan tema SOAN 2019 “Membentuk Karakter Santri dengan Nilai-nilai Khidmah” oleh Peserta SOAN kepada Sie Acara dan Tim Eksekutor.

Pada hari ketiga sekaligus hari terakhir pelaksanaan SOAN 2019, tidak ada penyampaian materi. Acara dimulai dengan pengumpulan tugas berupa resume Materi III dan IV yang disampaikan pada hari kedua dan foto Peserta SOAN 2019 dengan 15 santri lama Pondok Pesantren Sabilurrosyad kepada Sie Acara, dilanjutkan dengan penayangan dokumentasi pelaksanaan SOAN 2019, kemudian penutupan oleh pembawa acara. Acara dilanjutkan secara berurutan dengan sambutan oleh Lurah Pondok Pesantren Sabilurrosyad, pengumuman pemenang dan pembagian hadiah oleh panitia SOAN 2019, dan diakhiri dengan prosesi puncak SOAN 2019, yaitu pembaiatan santri baru oleh Ustadz Moh Bisri Mustofa.

Pelaksanaan SOAN 2019 dapat berjalan dengan lancar, tapi bukan berarti tidak ada kendala di dalamnya. Bahkan ada beberapa kendala yang terjadi saat acara SOAN berlangsung, seperti pemateri yang berhalangan hadir dan kurangnya panitia. Tetapi dengan persiapan yang matang, panitia SOAN 2019 dapat menyelesaikan semua permasalahan yang muncul, sehingga pelaksanaan SOAN 2019 dapat berjalan sukses dan lancar.

panitia SOAN 2019

Penulis  : Rindia Meyrisa Aris Taufani

Editor : Iif Sholihah

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here