Ribuan Jama’ah Hadiri Halalbihalal 1440 H Ponpes Sabilurrosyad, Gasek, Malang

0
328
views
Ribuan Jama’ah Hadiri Halalbihalal 1440 H Ponpes Sabilurrosyad, Gasek, Malang
Ilustrasi gambar oleh : Mohammad Zakaria

Ponpesgasek.com – Pondok Pesantren Sabilurrosyad kembali menyelenggaran agenda terbesarnya yaitu Halalbihalal. Halalbihalal merupakan acara yang diselenggarakan setiap tahun di Pondok Pesantren Sabilurrosyad, bersamaan dengan Haul KH. Ahmad Noer dan KH. Mustamar. Dalam rangkaian Halalbihalal yang berlangsung pada tanggal 21/06/2019 juga terdapat kirim doa yang dikhususkan kepada KH. Abdul Mun’im yang merupakan adik kandung dari Ibu Nyai Saidah Mustaghfiroh (Istri KH. Marzuqi Mustamar).

Persiapan Halalbihalal telah dilakukan sejak beberapa bulan sebelum hari H oleh seluruh panitia. Mulai dari dekorasi panggung, persiapan bahan makanan untuk konsumsi jama’ah dan beberapa kebutuhan perlengkapan Halalbihalal lainnya. Panitia konsumsi mendistribusikan lebih dari 500 talam (nampan yang digunakan untuk makan bersama) untuk seluruh jamaah yang hadir.

Halalbihalal tahun 2019 dihadiri oleh beberapa ulama dan tokoh nasional, diantaranya; KH. Musthofa Bisri (Mustasyar PBNU), KH. Chusaini Ilyas (Pengasuh PP Al Mishbar Mojokerto), KH. Masyhudi (yang telah berusia lebih dari 100 tahun dari Wajak), Drs. KH. Chamzawi,M.HI, para Habaib seperti Habib Ahmad bin Smith, Habib Abdullah Mauladdawilah, dan tokoh-tokoh penting lainnya. Beberapa tokoh dari Jawa Timur juga menghadiri Halalbihalal, salah satunya Drs. H. Sutiaji (Walikota Malang). Halalbihalal awalnya juga akan dihadiri oleh KH. Ma’ruf Amin (Calon Wakil Presiden RI 2019-2024) dan  Muhammad Hanif Dhakiri S.Ag., M.Si. (Menteri Ketenagakerjaan Indonesia). Namun KH. Ma’ruf Amin tidak bisa menghadiri Halalbihalal di Pondok Pesantren Sabilurrosyad karena bersamaan dengan acara pernikahan keluarga saudara beliau yang tidak bisa ditinggalkan, sedangkan bapak Menteri juga berhalangan hadir karena bersamaan dengan acara di istana negara yang tidak bisa ditinggalkan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Halalbihalal tahun ini dihadiri lebih dari 2500 jama’ah. Para jama’ah sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara. Mereka saling bertegur sapa, menyambung tali silaturahmi dengan bersalaman dan bermaaf-maafan. Mengingat Halalbihalal merupakan kegiatan yang berkaitan erat dengan Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, mereka juga bisa berbelanja di bazar yang telah disediakan dengan menjual beberapa kitab karangan KH. Marzuqi Mustamar, Kaos Ngaos Abah dan berbagai jenis gantungan kunci. Acara Halalbihalal ini semakin lengkap juga karena bersamaan dengan acara Temu Alumni yang dilaksanakan di siang harinya. Acara temu alumni ini mengundang seluruh Alumni dari pondok pesantren Sabilurrosyad dari berbagai angkatan.

Serangkaian kegiatan Halalbihalal dimulai dengan sholawat yang dilantunkan oleh Majlis Sholawat Gasek (MSG). Kemudian dilanjutkan dengan tahlil dan istighotsah yang dipimpin oleh Ustadz Ali Mahsun. Halalbihalal kemudian dibuka secara formal oleh saudara Iqbal selaku pembawa acara, lalu dilanjutkan secara berurutan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Muhammad Fauzan, menyayikan lagu Indonesia Raya dan Yalal Wathon, dan pembacaan Iqrar warga nahdliyyin oleh KH. Marzuqi Mustamar yang ditirukan oleh seluruh jamaah. Acara selanjutnya yaitu sambutan yang disampaikan oleh KH. Marzuqi Mustamar selaku shohibul bait.

Penampilan sholawat grub MSG Ponpes gasek. Fotografer: Miftakhul As’ari.

Acara Halalbihalal semakin spesial karena adanya prosesi akad nikah beberapa santri pondok pesantren Sabilurossyad. Prosesi ini selalu menjadi hal yang menarik dan dinanti-nantikan bagi para santri lainnya terutama santri yang  masih lajang karena mereka selalu terbawa perasaan akan kebahagiaan dari para mempelai. Para mempelai diakadkan oleh KH. Marzuqi Mustamar dan KH. Musthofa Bisri, tentu saja itu menciptakan kebahagiaan tersendiri karena diakadkan langsung oleh seorang Kiai yang masyhur.

Setelah doa khusus untuk para mempelai selesai, acara dilanjutkan dengan mauidloh hasanah yang disampaikan oleh KH. Musthofa Bisri. Dalam mauidhoh hasanah tersebut menyampaikan tentang pentingnya syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Selain itu beliau menegaskan tentang tradisi Halalbihalal merupakan tradisi asli Nusantara yang sesuai dengan ajaran Rasulullah tentang menjaga persaudaraan dan saling memaafkan di antara kaum muslim.

Kemudian  mauidhoh hasanah dilanjutkan oleh KH. Chusaini Ilyas. Dalam mauidhoh hasanah yang kedua ini, KH. Chusaini Ilyas menyampaikan kisah futuhnya santri dan berpesan agar tidak merasa bisa. “Barang siapa yang merasa puas atas pengetahuan yang dimiliki, maka hanya disitulah pengetahuannya terbatas” tutur beliau. Serangkaian Halalbihalal 1440 H ditutup dengan doa yang dilantunkan oleh KH. Marzuqi Mustamar dan dilanjutkan dengan makan bersama para jama’ah.

Penulis : Mutmainnah

Editor : Kumillaela

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here