Ramadhan ke 10 : Santri Pesantren Sabilurrosyad Terus Serukan Gerakan Mengaji Online

0
231
views
Ramadhan ke 10 : Santri Pesantren Sabilurrosyad Terus Serukan Gerakan Mengaji Online
Ilustrasi Oleh : Teguh Hidayanto

Ponpesgasek.com- Mengaji kitab kuning adalah rutinitas kalangan santri. Kultur ini telah lestari sejak zaman raja – raja masih berkuasa di bumi Nusantara. Dahulu kaum santri selalu identik dengan  kehidupan yang serba tradisional dan terkesan apa adanya. Sebaliknya, santri yang lahir dan berkembang di zaman teknologi daring (online) seperti saat ini dituntut untuk hidup berdampingan dan ‘nyetel dengan kemajuan zaman.

Oleh sebab itu, berbekal semangat untuk selalu berkemajuan, santri Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang terus menyerukan Gerakan Mengaji Online di bulan Ramadhan. Kegiatan Mengaji Online tersebut ditujukan bagi santri dan masyarakat yang ingin mengikuti pengajian di Pondok Gasek, namun berhalangan waktu dan jarak. Sebenarnya, streaming Ngaji Online dilakukan sejak dua tahunan lalu, dan rutin setiap hari ketika kegiatan Ngaji Kilatan. Yang membedakan dari tahun-tahun sebelumnya adalah adanya seruan secara masif dan antusiasme santri dan warganet yang meningkat.

Pelaksanaan Mengaji Online ini tentu dengan cara memanfaatkan berbagai macam platform media online. Streaming (Live) dilakukan di channel Youtube PonpesGasekTV dan beberapa akun Instagram seperti @ngaos_abah dan @ponpesgasek. Kendati telah berjalan lebih dari seminggu, seruan Ngaji Online secara konsisten masih terus diviralkan. Adapun upaya – upaya yang terus dilakukan oleh tim media pesantren sendiri yaitu dengan memastikan waktu streaming yang tepat waktu, ketersediaan tim operasional dan monitoring, hingga menyebarkan link streaming dari kanal Youtube milik pesantren.

Selanjutnya, link streaming di ungggah melalui akun – akun media online resmi milik pesantren. Para santri juga aktif menyebarkan link siaran Ngaji Online tersebut melalui grup-grup aplikasi chatting, status, dan postingan media sosial mereka. Dengan seruan serentak, diharapkan mampu menjaring audien yang semakin banyak dan pengajian kitab kuning dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari tim media pondok, pelaksanaan siaran kajian ini menyesuaikan jadwal yang telah diedarkan oleh pengurus pondok. Namun begitu, untuk kepastian waktu tayang tetap mengikuti agenda pengampu kajian kitab, yakni para Masyaikh (Pengasuh pondok pesantren) dan Asatidz pondok. Jika pembaca yang ketinggalan jadwal live, tidak usah khawatir! Video live akan diupload di channel PonpesGaekTV.

Bagi pembaca, untuk mengetahui semua jadwal streaming selama kilatan dapat melihat gambar di bawah ini :

Jadwal Kjian Online di Bulan Ramadhan Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang
Gambar : Jadwal Kajian Online di Bulan Ramadhan Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang

Khusus jadwal kajian kitab  Al – Muqtatofat  yang dikaji bersama KH. Marzuqi Mustamar juga akan tayang di tv lokal tv9 tepat pada pukul 23.00. Pembaca dapat juga mengakses siaranya melaui situs resmi tv9 atau melalui Usetv.

 

Bukan hanya sekedar memperkenalkan rutinitas kajian kitab ala pesantren kepada khalayak umum di luar lingkup pesantren. Akan tetapi, aktifitas streaming ini juga bertujuan menyebarkan faham keilmuan ahlus sunnah wal jama’ah seluas – luasnya. Dimulai dari  masyarakat awam, hingga warganet yang selalu antusias menunggu penayangan berlangsung.

Baca Juga : KH. Ma’ruf Amin ke Ponpes Sabillurrosyad : Dari Kajian Kitab, Ijazahan, Peran Pesantren, Hingga Menyelamatkan Ahlussunnah Wal Jama’ah

Untuk itu, agar pembaca  tidak melewatkan semua siaran kajian langsung ini. Silahkan mengunjungi kanal Youtube resmi pesantren kami melalui link berikut :  PonpesgasekTV . Dan jangan lupa untuk subcribe dan klik tombol notifikasi agar selalu mendapatkan kabar ketika streaming dimulai dan juga unggahan video terbaru.

Penulis : Teguh Hidayanto

Editor : Zahro’ul Aini

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here